BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
1. Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukkan pada tahun ajaran 2011/2012. Lokasi Jl. Raya Cipayung, Kecematan; Cipayung 13840 Jakarta Timur, Telp (021) 8441535, sekolah yang dipilih sebagai tempat penelitian dilakukan kelas X SMA PGRI 4 Jakarta Timur, karena masih banyak siswa kelas X yang belum tepat dalam penggunaan kalimat efektif pada karangan narasi.
2. Waktu Penelitian
Waktu penelitian dilakukan pada semester genap mulai, tanggal 4-8 juni 2012 di SMA PGRI 4 Jakarta Timur.
Tabel 1
Jadwal Penelitian
No | Hari/tanggal | Jam/pertemuan | Tentang |
1 | Senin/4 Juni 2012 | 07.30 WIB/pertama | Menjelaskan mengenai kalimat efektif dan karangan narasi serta siswa diminta untuk membuat karangan. |
2 | Selasa/5 Juni 2012 | 07.30 WIB/ kedua | Mengarahkan bagaimana membuat kalimat efektif yang sesuai kaidah bahasa Indonesia. |
3 | Jumat/8 Juni 2012 | 07. 30 WIB/ ketiga | Mengoreksi kalimat yang telah dibuat oleh siswa. |
B. Teknik Penelitian
Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu cara mengumpulkan data apa adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Menurut Rahardjo (2002:45) “penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada yaitu keadaan gejala menurut apa adanya saat penelitian berlangsung”. Adapun langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mengumpulkan hasil karangan narasi siswa
2. Membandingkan-bandingkan antara data yang satu dan data yang lain dengan tujuan untuk mengelompokan dalam kategori sejenis.
3. Menuangkan hasil kategori dalam bentuk tabel yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif interpretatif.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa teknik penelitian mengunakan analisis dekripsi dengan cara mengumpulkan data yang berasal dari karangan siswa untuk dianalisis oleh peneliti.
C. Populasi dan Sampel
1. Populasi
Tabel II
Populasi Siswa
No | Kelas | Jumlah kelas | Siswa |
1 | X | 2 (X1 ) (X2) | 30 32 |
2 | XI | 2(XI,IPA) (XI,IPS) (XI, IPS) | 42 45 43 |
3 | XII | 2(XII,IPA) (XII,IPS) (XII,IPS) | 40 43 45 |
Jumlah | 320 |
Semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian maka penelitiannya merupakan penelitian populasi. Hal tersebut dilakukan apabila peneliti ingin melihat semua lika-liku yang ada di dalam populasi.
Menurut Aswinto (1992:46), “populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, tumbuhan”. Data nilai tes atau peristiwa yang dijadikan sebagai sumber data yang mempunyai karakteristik tertentu dalam suatu penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA PGRI 4 Jakarta Timur yang berjumlah 65 siswa. Dari seluruh siswa hanya diambil beberapa siswa untuk dijadikan sampel dalam penelitian.
2. Sampel
Menurut Arikunto (2006: 131), “sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti”. Penggunaan sampel ini akan sangat membantu terlaksananya penelitian untuk mempermudah peneliti dalam mengolah data. Sampel merupakan bagian dari populasi yang dijadikan sebagai sumber yang nyata atau bagian dari populasi yang berasal dari keseluruhan yang berjumlah 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 4 Jakarta Timur berjumlah 40 siswa yang didalamnya terdapat kelompok-kelompok atau kelas-kelas yang heterogen.
Penelitian ini mengunakan teknik random sampling dalam mengambil sampel untuk mempermudah dalam mengelolah data. Peneliti memberi hak yang sama kepada subjek untuk memperoleh kesempatan menjadi sampel.
Menurut Narbuko dan Abu Achmadi (2009: 111), “teknik random sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel”.
Teknik random sampling merupakan cara atau metode yang digunakan untuk menetukan sampel dalam suatu penelitian ilmiah. Pengambilan sampel dilakukan secara rambang atau acak yaitu pengambilan sampel yang tanpa pilih-pilh didasarkan atas prinsip-prinsip matematis yang telah diuji dalam praktek.
D. Instrumen Penelitian
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Yang dimaksud teknik adalah suatu cara untuk mendapatkan data, dalam penelitian ini hasil karangan narasi siswa dijadikan sumber data yang menujukan kemampuan siswa daam bidang yang diteliti.
Peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa tabel-tabel analisis kesalahan kalimat yang dibuat siswa dalam karangan narasi yang dimasukan pada tabel analisis. Berdasarkan tabel tersebut akan tingkat penggunaan kalimat efektif pada karangan narasi siswa kelas X SMA PGRI 4 Jakarta Timur.
Tabel III
Analisis Kalimat Efektif
No | Kalimat | Jumlah Kalimat Efektif | ||||||||
Kesepa danan | Kesatuan | Kesejajaran | penekanan | Kehematan | Kevariasian | Kelogisan | Diksi | Ejaan | ||
1 | | | | | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | | | | |
E. Teknik Pencatatan Data
Teknik pencatan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Adapun langkah-langkah yang penulis dilalkukan sebagai berikut:
1. Membaca secara keseluruhan karangan narasi siswa bertujuan mengetahui identifikasi kesalahan pengunaan kalimat dalam setiap aspek.
2. Membaca secara cermat yang didalamnya sudah dilakukan kegiatan menganalisis kalimat.
F. Teknik Pemeriksaan keabsahan data
Keabsahan data dilakukan dengan berbagai teknik sebagai berikut :
Pertama trianggulasi yaitu tempat pemeriksaan pengesahan data dengan membandingkan atau mengecek data yang terkumpul dengan menggunakan pandangan-pandangan orang lain (para pakar) melalui wawancara sehubungan dengan penemuan data penelitian.
Kedua rangkuman pendapat para ahli yang terdiri atas promotor, dosen-dosen, penguji dan teman-teman sejawat, peserta dalam seminar hasil penelitian terhadap data hasil temuan penelitian.
Ketiga ketekunan pengamatan untuk melakukan pengamatan yang tekun dan mendalami tentang informasi data dari trianggulasi, mencari informasi, laporan yang relevan tentang aspek penelitian yang diteliti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar